WISATA BINTAN

Cocok Dikunjungi Akhir Pekan, Ini Suasana Objek Wisata Hutan Pinus di Bintan

Objek wisata alam : Wisata Hutan Pinus yang terletak di dalam Bintan Blue Coral ( BBC) dan berada di pinggir jalan pantai Desa Teluk Bakau, Bintan

Editor: filemon halawa
Tribunbatam.id / Alfandi Simamora
Suasana Wisata Pohon Pinus di Bintan Blue Coral, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Objek wisata alam hutan pinus sebagai salah satu alternatif liburan dengan suasana yang tenang. 

Tak hanya tenang, hutan pinus juga menjadi spot instagrammable yang sangat diminati untuk tempat berlibur.

Wisata hutan pinus ini paling terkenal berada di daerah Jawa Barat, namun jangan salah wisata hutan pinus juga ada di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri).

Rimbunan pohon pinus menjadi sebuah objek wisata baru di Pulau Bintan ini, letaknya berada di tepi pantai yang indah menghadap laut biru Trikora.

Baca juga: Coffeeshop di Bilangan KDA Batam Center Cocok Tempat Nongkrong Sambil Santai

Wisata Hutan Pinus yang terletak di dalam Bintan Blue Coral ( BBC) dan berada di pinggir jalan pantai Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan ini baru enam bulan dibuka oleh pengelolah sejak Agustus 2020 lalu hingga saat ini.

Wisata Hutan pinus dengan  keindahannya yang membuat suasana sejuk hati saat berlibur ini bisa dinikmati siapapun.

Di bawah pepohonan Pinus yang rindang dan asri, udara cukup segar. 

"Untuk biaya masuknya hanya perlu membayar Rp10 ribu per orang. Sedangkan untuk anak- anak di bawah usia 10 tahun dibebaskan,"ujar Pengelolah Hutan Pinus Bintan Blue Coral ( BBC), Andika, Minggu (28/2/2021). 

Wisata BBC yang memiliki keindahan pohon pinus ini, sebelumnya hanya digunakan untuk tempat kunjungan turis-turis luar yang marketnya dari China.

Baca juga: Dihiasi Warna Warni Lampu Hias, Tugu Daun Sirih Emas di Tanjungpinang Jadi Objek Wisata Baru

Semenjak ditutupnya pintu masuk dari Singapura, wisatawan pun tidak bisa masuk. Dan omset sejumlah hotel di trikora menurun dan bahkan mulai tutup.

Baca juga: Perahu Terbalik di Danau Wisata, 9 Orang Tewas

"Nah supaya tidak terbengkalai, jadi kita dari pekerja hotel-hotel yang tutup berinisiatif untuk kelolah tempat ini dan meminjam pakai dengan sasaran marketnya merupakan wisatawan lokal,"ujarnya.

Mereka pun mulai membersihkan satu persatu tempat wisata BBC yang tutup. Termasuk hutan pinus yang sudah ada di sana sebelumnya juga ikut dibersihkan agar bisa digunakan sebagai tempat wisata baru di Bintan.

"Hutan pinus ini bukan sengaja kita tanam,dulunya sudah ada. Namun, tidak terawat dan berantakan.Dengan kita masuk dan melihat potensi yang besar, sehingga kita kembangkan wisata pohon pinus ini,"tuturnya.

Mengapa muncul ide untuk memasarkan wisata pohon pinus ini, karena diketahui sejumlah tempat wisata yang ada di pulau Bintan belum ada yang menjual keindahan dari pada pohon pinus.

Baca juga: Pulau Abang Bakal Jadi Kawasan Rencana Pariwisata Induk Nasional Kemenparekraf

"Seperti didaerah Jawa Barat yang memang kita ketahui marketnya cukup bagus. Oleh karena itu kita pasarkan ini dan benahi satu persatu, termasuk pondok yang sebelumnya sudah ada kita perbaiki yang rusak,"terangnya.

Setelah di bersihkan, mereka pun mulai membuka untuk umum, khususnya wisatawan lokal. 

Sejumlah wisatawan dari Tanjungpinang, Bintan dan Batam mulai berdatangan ke tempat wisata pohon pinus yang berada di dalam BBC ini.

Pengunjung yang datang juga sangat lumayan.Apalagi di hari Weekend lumayan ramai, bisa sampai 100-400 orang yang datang.

Di dalam wisata BBC ini ada dua lokasi yang bisa dinikmati pengunjung, pertama pengunjung bisa menikmati wisata pohon pinus yang berada di pinggir pantai.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved