WISATA KARIMUN

Pantai Pongkar Karimun Simpan 5 Keunggulan

Pantai Pongkar Karimun, berada di daratan Karimun darat. Perjalanan menuju Pantai Pongkar memakan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Tanjung Balai

Editor: filemon halawa
karimunkab.go.id
pantai pongkar karimun 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id – Bagi kamu yang ingin berkunjung di Karimun, Provinsi Kepulauan Riau disarankan memilih objek wisata alam Pantai Pongkar.

Pantai Pongkar Karimun, berada di daratan Karimun darat. Perjalanan menuju Pantai Pongkar memakan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Tanjung Balai Karimun.

Saat ini belum ada kendaraan umum untuk mencapai pantai tersebut, jadi perjalanan harus ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun ojek. Bisa juga menggunakan taksi tanpa argo

Nah, untuk tidak berlama-lama berikut 5 fakta keunggulan Pantai Pongkar Karimun :

Baca juga: Bus Kayu di Karimun Ternyata Punya Sejarah Tersendiri, Cek di Sini Selengkapnya

1. Pantainya yang Indah dan Bersih

Pantai seluas sekitar 100 hektar itu berada di kawasan Pulau Karimun. Setiap pengunjung yang datang ke Karimun tidak mesti lagi menaiki kapal feri atau kapal pompong menuju lokasi.

Pengunjung yang baru tiba di Tanjung Balai Karimun dapat langsung menuju lokasi melalui jalur darat dengan waktu tempuh kurang dari setengah jam.

Pantai Pongkar di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun selalu ramai dikunjungi warga pada saat hari libur, seperti pada Minggu dan hari besar nasional. 

2. Ombak di Pantai Pongkar tidak terlalu besar

Baca juga: Desa Wisata Ekang Anculai di Bintan Dapat Pujian Sandiaga Uno, Ternyata Keindahannya Bak Surga Dunia

Ombak di Pantai Pongkar tidak terlalu besar, karena di depan pantai  terdapat Pulau Karimun Anak dan Takong Hiu. Sehingga, gelombang Selat Malaka yang dikenal ganas tidak sampai ke pantai. Karena ombaknya kecil, maka Pantai Pongkar menjadi pilihan rekreasi bagi keluarga. Tak heran, jika sudah memasuki masa liburan pantai yang memiliki bibir pantai dengan lengkungan ini selalu ramai diserbu masyarakat.

3. Pantainya yang indah dan bersih

Bukan rahasia lagi, pantai Pongkar bersih. Tak saja hanya pasir putihnya yang bersih, namun air lautnya juga indah dan bersih.

4. Cocok bagi wisata keluarga

Baca juga: Gravity Ten di Lantai 10 Aston Batam Hotel and Residence, Cocok Bagi Kamu yang Hobi Nongkrong

Selain cocok bagi wisata keluarga, Pantai Pongkar juga kerap dijadikan sebagai lokasi untuk mengisi acara tertentu. Seperti kegiakan ekstra kurikuler sekolah maupun kegiatan kesenian bagi kelompok tertentupanggung bagi masyarakat untuk menggelar acara.

Untuk mengisi kegiatan itu,  sekitar Pantai Pongkar disediakan satu panggung bagi masyarakat untuk menggelar acara.

Apalagi tak jauh dari Pantai Pongkar, terdapat air terjun Pongkar. Jika sudah merasa jenuh, kita tinggal beralih lokasi saja ke air terjun Pongkar.

5. Pengunjung disambut alam yang rindang

Baca juga: Manfaat Lendot Makanan Khas Melayu Kepri, Ternyata Obat Manjur Melancarkan Sistem Pencernaan

Pantai ini menjadi alternatif bagi wisatawan selain mengunjungi Pantai Pelalawan di Kecamatan Meral. Jika ke pantai Pongkar, pengunjung disambut alam yang rindang.(*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved